Zoom Tingkatkan Keamanan Enkripsi ‘end-to-end’

A student takes online classes at home, with his companions, using the Zoom APP during the coronavirus disease (COVID-19) outbreak in El Masnou, north of Barcelona, Spain April 2, 2020. REUTERS/Albert Gea

Tolakamsiong  – Zoom mengumumkan mengakuisisi Keybase guna tingkatkan keamanan pengiriman pesan serta file. Akuisisi ini diakui hendak memesatkan rencana Zoom buat membangun layanan enkripsi ujung ke ujung( end- to- end).

” Inilah yang Zoom rencanakan buat bangun; membagikan keamanan untuk pengguna kami, kemudahan pemakaian, serta skala secara bertepatan,” kata CEO Zoom Eric S. Yuan dalam penjelasan formal dilansir Senin( 11/ 5).

Bagi Eric, langkah awal industri merupakan mengumpulkan regu yang pas, sehabis itu menggandeng industri berpengalaman buat tingkatkan mutu Zoom.

” Keybase memperkenalkan kemampuan enkripsi serta keamanan yang mendalam ke Zoom, serta kami bahagia menyongsong Max serta timnya. Bawa sekelompok insinyur keamanan yang kohesif semacam ini secara signifikan memajukan rencana 90 hari kami buat tingkatkan upaya keamanan kami, ucap Eric.

Bagaikan anggota pengembang keamanan buat Zoom, regu Keybase hendak membagikan donasi berarti untuk rencana 90 hari Zoom buat secara proaktif mengenali, menanggulangi, serta tingkatkan keahlian keamanan serta pribadi platformnya.

Baca Juga : Aplikasi Viral Penghitunga Pahala Dan Dosa

Tadinya Zoom sudah memperbarui layanan mereka dengan meluncurkan tipe Zoom 5. 0 dengan sokongan enkripsi ACM 256- bit GCM.

Chief Product Officer Zoom Oded Gal berkata enkripsi AES 256- bit GCM diklaim bisa tingkatkan keamanan informasi account pengguna Zoom.

” Di back- end, enkripsi AES 256- bit GCM hendak tingkatkan standar buat mengamankan informasi pengguna kami dalam prosesnya,” tulis Gal.

Terdapat 7 fitur pada pembaruan Zoom 5. 0:

1. Kontrol routing data

Seorang yang ditunjuk bagaikan admin bisa memilah pusat informasi mana yang digunakan dikala rapat serta webinar berlangsung. Fitur ini bisa membolehkan admin buat mengenali kemudian lintas real- time kegiatan account, tim ataupun pengguna.

2. Ikon keamanan

Industri memutuskan buat memindahkan ikon Keamanan( Security) berdampingan dengan kolom host menu Meeting.

3. Host mempunyai kendali yang lebih kokoh terhadap keberlangsungan rapat

Pada pembaruan Zoom 5. 0, seorang yang ditunjuk bagaikan host bisa memberi tahu pengguna melalui fitur Keamanan. Mereka pula bisa menonaktifkan fitur kepada partisipan yang mengganti nama ataupun bukti diri mereka dikala tahap virtual rapat berlangsung.

Spesial pelanggan Zoom yang bergerak di zona pembelajaran, fitur Share Screen( Berbagi Layar) cuma dibolehkan buat host.

4. Fitur Waiting Room( Ruang Tunggu)

Fitur Waiting Room membolehkan host mengaktifkan ruang tunggu virtual saat sebelum para partisipan bergabung di dalam rapat.

Zoom sudah mengganti fitur ini jadi default( fitur bawaan) baik buat pengguna jenis Basic ataupun Professional.

” Seluruh host saat ini pula bisa mengaktifkan fitur Ruang Tunggu ini dikala meeting virtual mereka lagi berlangsung,” kata Gal.

5. Kata sandi yang lingkungan bisa diatur otomatis

Dengan terdapatnya fitur ini membolehkan para pengguna Zoom buat mengendalikan kata sandi mereka yang lebih rumit. Buat account yang dikelola oleh admin, nantinya dia dapat mendefinisikan kompleksitas kata sandi semacam panjang alfanumerik serta persyaratan kepribadian spesial.

” Tidak hanya itu, admin Zoom buat layanan panggilan telepon saat ini bisa membiasakan panjang PIN yang dibutuhkan buat mengakses voice mail,” tutur Gal.

6. Kata sandi bakal direkam melalui cloud

Kata sandi yang diresmikan secara otomatis dapat diakses di fitur rekaman komputasi awan( cloud).

7. Kenaikan dashboard

Admin yang spesial mengelola account bisnis serta pembelajaran pada pembaruan Zoom 5. 0 dapat memandang gimana alur rapat online yang bakal tersambung ke pusat informasi Zoom di Dashboard Zoom kepunyaan mereka.

” Ini tercantum seluruh pusat informasi yang tersambung ke server HTTP Tunnel dan Conference Room Connectors dan gateway.