Untuk Normalisasi Kali Ciliwung Tiga RT Di Gusur

Tolakamsiong – Untuk Normalisasi Kali Ciliwung Tiga RT Di Gusur. Tiga Rukun Tetangga (RT) di Kelurahan Pengadegan, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, direncanakan akan terpengaruh project normalisasi Ciliwung. Masyarakat di daerah itu akui siap direlokasi asal memperoleh ubah rugi yang sesuai dengan.

Ketua RT 008 RW 01, Ruslan menjelaskan di wilayahnya, minimal ada seputar 50 Kepala Keluarga (KK) yang terserang project normalisasi Sungai Ciliwung. Menurutnya, masyarakat yang terpengaruh project itu sepakat bila nanti harus direlokasi.

“Jika masyarakat yang memiliki tanah pribadi, itu mintanya bukan ubah rugi, tetapi ubah untung. Mudah-mudahan saja dipenuhi,” katanya pada CNNIndonesia, Jumat (3/1).

Tetapi, dia menjelaskan, sampai sekarang, belumlah ada kepastian berkaitan dengan project normalisasi itu. Masyarakat juga masih menanti bahasan tentang ubah rugi dan kapan waktu akan direlokasi.

Baca Juga : 11 SAMPAI 15 JANUARI 2020 DIPERKIRAKAN HUJAN BESAR

“Kami kan ikutin ketentuan, tunggu berita dari kelurahan. Tuturnya, kelak masyarakat akan direlokasi ke Rusunawa (Pengadegan),” tutur ia.

Masyarakat yang lain di RT 011 RW 01, Kusnan menjelaskan hal sama, dia akui bersedia direlokasi bila nanti terpengaruh project normalisasi Sungai Ciliwung.

“Tidak permasalahan asal sesuai dengan ubah rugi. Tidak tahu kapan waktunya, hanya seringkali petugas hadir mengukur-ukur,” tutur ia.

Lurah Pengadegan, Azhari menjelaskan ada tiga RT yang ada di wilayah saluran sungai yang kemungkinan terpengaruh project normalisasi Sungai Ciliwung. Yaitu RT 008 RW 01, RT 011 RW 01, serta RT 008 RW 02.

“Jumlahnya KK terpengaruh kelak bergantung dari penentuan tempat yang akan dikeluarkan oleh Dinas berkaitan. Kelurahan sifatnya menanti,” katanya.

Dia menerangkan sesudah terdapatnya penentuan tempat, nanti akan dikerjakan publikasi selanjutnya pada masyarakat yang terpengaruh.

Berkaitan dengan Rusunawa Pengadegan, dia menerangkan, rusunawa itu punya 189 unit, dari jumlahnya itu, 90 unit memang ditujukan buat masyarakat yang terpengaruh project normalisasi.

Berdasar data dari Balai Besar Daerah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), gagasan pengerjaan tanggul untuk daerah Kelurahan Pengadegan selama 1,4 km., tetapi baru terealisasi selama 600 mtr.. Sedang luas tempat yang dibutuhkan untuk normalisasi seputar 1,98 hektare tetapi realisasi belumlah ada tempat yang dibebaskan.

1 Comment on Untuk Normalisasi Kali Ciliwung Tiga RT Di Gusur

Leave a Reply