BUMN Minta Garuda Indonesia Tak Beri Ruang Bagi Pemudik

Tolakamsiong – Maskapai penerbangan Garuda Indonesia hendak kembali beroperasi mulai pada hari ini, Kamis 7 Mei 2020. Layanan tersebut hendak dioperasikan mengacu pada syarat kriteria warga yang bisa mengakses layanan transportasi pada masa pandemi Covid- 19.

Menanggapai perihal itu, Staf Spesial Menteri BUMN Arya Sinulingga memohon Garuda Indonesia penuhi ketentuan yang berlaku.

“ Departemen BUMN memohon Garuda wajib mematuhi protokol yang telah diresmikan oleh pemerintah buat transportasi hawa,” ucap Arya dalam pesan singkatnya, Kamis( 7/ 5/ 2020).

Arya tidak mau Garuda Indonesia lengah serta mengangkat penumpang yang bernazar buat mudik, bukan kriteria warga yang bisa mengakses layanan transportasi pada masa pandemi Covid- 19.

“ Kami pula mendesak Garuda biar tidak berubah- ubah buat tidak membagikan ruang untuk penumpang yang mau mudik,” kata Arya.

Tidak cuma itu, Arya pula menegaskan Garuda Indonesia supaya senantiasa mematuhi protokol kesehatan dikala beroperasi di tengah pandemi Covid- 19.

“ Kala nanti dicoba penerbangan tersebut, kita harapkan Garuda senantiasa melakukan hal- hal yang jadi protokol penerbangan, sehingga tidak melanggar pula,” ucap ia.

Tadinya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berkata, seluruh moda transportasi direncanakan kembali beroperasi mulai Kamis( 7/ 5/ 2020), namun dengan pembatasan kriteria penumpang.

Baca Juga : Bukalapak Bocor 13 Juta Data Dijual di Forum Hacker

Bagi Budi, Departemen Perhubungan( Kemenhub) ditugaskan buat menjabarkan Permenhub No 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Sepanjang Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah serta Pesan Edaran dari Menko Perekonomian.

Kebijakan ini, kata Budi, dimaksudkan supaya perekonomian nasional senantiasa berjalan. Tetapi demikian, kebijakan ini bukan berarti mencabut larangan mudik buat warga.

” Dimungkinkan seluruh angkutan hawa, kereta api, laut, bis buat kembali beroperasi dengan catatan satu, wajib menaati protokol kesehatan,” kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi V secara virtual, Rabu( 6/ 5/ 2020).

” Rencananya operasinya mulai esok, pesawat serta seluruh macamnya dengan orang- orang spesial, tetapi enggak terdapat mudik,” ucap Budi.