Uang Koin Emas ‘Kelapa Sawit’ Harganya Mahal Banget?

Tolakamsiong – Harga uang koin pecahan Rp 1.000 bergambar kelapa sawit menarik perhatian. Pasalnya harga koin itu capai beberapa ratus juta per keping.
Dalam suatu toko online, harga koin ini serta dibandrol sampai Rp 150 juta. Mahal sekali ya!

Pengamatan detikcom di salah satunya situs jual membeli online, beberapa account iklan jual uang logam kuno itu pada harga capai Rp 100 juta-an. Beberapa account lain ada yang jual juta-an sampai beberapa puluh juta.

Belum tahu, adakah orang yang beli uang kuno itu atau mungkin tidak. Belumlah ada keterangan tentang fakta uang yang rerata dibuat tahun 1993 itu.

Lepas dari itu, jika dihitung, uang beberapa ratus juta sama dengan uang muka credit rumah atau mobil sisa.

Misalnya,rumah seharga Rp 500 juta di tepian Jakarta seperti Bogor, Depok, atau Tangerang. Jika DP yang diputuskan 20%, karena itu customer harus bayar Rp 100 juta ke pengembang, di luar ongkos akad, KPR, serta BPHTB.

Baca Juga : Aktivitas Dibuka Lagi, Pemerintah Pantau Ketat Epidemiologi

Uang Rp 100 juta dapat juga dibelikan mobil sisa atau seken. Misalnya, mobil low biaya green car (LCGC) dipasarkan Rp 100 juta-an.

Tentang uang logam kelapa sawit, Bank Indonesia awalnya menjelaskan jika uang itu masih dapat dipakai untuk alat transaksi. BI belum mengambil peredaran uang itu.

Menyikapi hal itu Salah satunya kolektor serta penjual uang kuno asal Gresik Gus Ahmad Legen memandang harga beberapa ratus juta itu cuma terlalu dibesarkan oleh faksi spesifik.

“Sebetulnya yang trending sampai harga berjuta-juta itu menurut saya dilebih-lebihan. Faktanya tidak begitu, saya punyai stock 3.000 keping serta harga jualnya normal Rp 2.500 sampai Rp 4.000 per keping,” katanya.

Ia mengutarakan semenjak uang kelapa sawit trending beberapa orang yang mengontak ia untuk jual uang koin itu. Tetapi uang koin ditawarkan pada harga yang mahal.

“Banyak yang telephone saya, ‘pak ingin membeli koin saya tidak, harga Rp 3 juta’ ya saya katakan ngawur harga. Ia katakan harga mahal, ya saya berikan ke ia, jual saja kesana di sini harga normal,” jelas ia.

Menurutnya, harga yang begitu mahal sampai beberapa ratus juta itu sangat tidak logis. Pasalnya uang koin bergambar kelapa sawit ada banyak di warga.

“Rekan-rekan saya yang kolektor ketawa saja lihat kabar uang koin itu harga mahal sekali,” paparnya.