Tujuh Lokasi Yang Bisa Melihat Pesona Gerhana Matahari Cincin 2019

Tolakamsiong – Tujuh Lokasi Yang Bisa Melihat Pesona Gerhana Matahari Cincin 2019. Kejadian alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan menyambangi beberapa daerah di Indonesia pada 26 Desember 2019. Sesaat, beberapa wilayah lain di Indonesia cuma dapat memperhatikan gerhana matahari beberapa. Tubuh Meteorologi serta Geofisika (BMKG) bagikan daftar komplet kota serta waktu pucuk penilaian GMC 2019.

Nanti, warga akan disajikan dengan kejadian ‘cincin api’. Karena, bayangan Bulan cuma tutupi sisi tengah Matahari serta tersisa panorama sisi cerah sama cincin api di angkasa.

Kejadian GMC ini cuma dapat di nikmati di beberapa daerah Indonesia. Ada 7 propinsi yang dapat nikmati kejadian ini, yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, serta Kalimantan Utara.

Buat warga yang ada di luar propinsi itu cuma dapat nikmati gerhana matahari beberapa. Karena, tempat kota-kota di luar tujuh propinsi itu tidak sangat mungkin lihat pojok pas saat bulan tutup matahari sama cincin.

Berdasar data Tubuh Meteorologi, Klimatologi, serta Geofisika (BMKG) yang diterima CNNIndonesia.com ini hari (24/12), minimal ada 25 kota yang dikunjungi GMC dan prediksi waktu pucuk gerhana,

1. Aceh (Sinabang 11.55 WIB, Singkil 12.00 WIB)

2. Sumatera Utara (Sibolga, Pandan, Tarutung 12.04 WIB; Padang Sidempuan, Sipirok 12.06 WIB; Gunung Tua 12.07 WIB, Sibuhuan 12.08 WIB)

3. Riau (Pasir Pengaraian 12.10 WIB, Dumai 12.14 WIB, Bengkali serta Siak Sri Indrapura 12.16 WIB; Selat Panjang 12.19 WIB)

4. Kepulauan Riau (Tanjung Pinang 12.26 WIB, Tanjung Balai Karimun 12.21 WIB, Batam 12.24 WIB, Bandar Seri Bentan 12.26 WIB)

5. Kalimantan Barat (Mempawah serta Singkawang 12.42 WIB, Sambas 12.43 WIB, Bengkayang 12.42 WIB, Putussibau 12.55 WIB)

6. Kalimantan Timur (Tanjungredep 13.10 WIB)

7. Kalimantan Utara (Tanjungselor 13.10 WIB)

Baca Juga : KECELAKAAN BUS SRIWIJAYA KORBAN MENINGGAL DUNIA SEMAKIN BERTAMBAH

Spesial warga yang tinggal di Batam, Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) bekerja bersama dengan Dinas Kebudayaan Kota Batam akan mengadakan penilaian GMC di beberapa titik yakni Jembatan Barelang, Rempang, serta Galang mulai jam 07.00 WIB sampai 15.00 WIB.

Warga yang tinggal di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, serta Bekasi (Jabodetabek) terhitung mereka yang cuma dapat lihat gerhana matahari beberapa. Gerhana Matahari Parsial bisa mulai dilihat mulai jam 10.43 WIB.

Penilaian Gerhana Matahari Beberapa dapat juga dikerjakan di Planetarium serta Observatorium Jakarta lokasi Taman Izmail Marzuki mulai jam 07.00 WIB.

Pengunjung yang hadir ke Planetarium Jakarta akan mendapatkan satu kacamata Matahari. Faksi pengelola sediakan 10 buah teleskop yang diperlengkapi filter Matahari serta dibarengi oleh astronom, tenaga pakar, serta staf.

Di lain sisi, Kementerian Agama (Kemenag) menyarankan umat Islam di Indonesia untuk melakukan Salat Kusuf waktu gerhana matahari cincin berjalan.

Salat Kusuf dikerjakan sekitar dua rakaat. Salat dikerjakan berjamaah serta diperlengkapi dengan khotbah sesudah salat dikerjakan.

Gerhana Matahari Cincin sendiri adalah gerhana yang berlangsung saat bayangan bulan cuma tutupi sisi tengah matahari. Hingga tersisa bentuk cincin api di sekitar bayangan bulan, sesaat pada gerhana matahari keseluruhan, matahari tertutup keseluruhan oleh bayangan bulan.

Gerhana matahari beberapa berlangsung saat bulan ada tidak pas di tengahnya garis di antara matahari serta bumi, hingga cuma tutupi beberapa matahari.

1 Comment on Tujuh Lokasi Yang Bisa Melihat Pesona Gerhana Matahari Cincin 2019

Leave a Reply