Ternate Diguncang Gempa 7,1 SR

Ternate Diguncang Gempa 7,1SR- Gempa 7,1 rasio richter yang mengguncangkan Maluku Utara Jumat (15/11) pagi hari menyebabkan beberapa bangunan alami kehancuran. Dua masyarakat diadukan terluka karena terhimpit puing-puing batu bata.

Kehancuran berlangsung di Kecamatan Pulau Batang Dua, Kota Ternate. Di Batang Dua, lima rumah alami kehancuran sedang, 11 rumah rusak mudah, tiga gereja rusak mudah serta 1 bank rusak mudah.

Rumah rusak berlangsung pada Topianus Salu serta Balandina Honga di Kelurahan Mayau, Nias Bale serta Gath Bunga di Kelurahan Lelewi, dan rumah Erna Nyanyi di Kelurahan Bido.

 

Berita Lainnya : Keinginan Lucinta Luna Punya Burung Lagi

 

Sesaat bangunan gereja yang turut terpengaruh gempa ialah Gereja GPDI Eklesia di Lelewi, Gereja GKPMI Vila di Bido, serta Gereja GPM Elfata Mayau. Ke-3 gereja alami kehancuran dibagian plafon. Sedang bangunan punya Bank Perkreditan Rakyat rusak mudah.

Selain itu, dua masyarakat Pulau Batang Dua terluka mudah, yaitu Delvi Peo, masyarakat Mayau, serta Mesin Bunga, masyarakat Lelewi. Keduanya terluka mudah karena terhimpit puing-puing bangunan dari rumah yang rusak mudah.

“Selama ini dari Halmahera Barat belumlah ada laporan kehancuran bangunan atau korban. Begitupun di Kota Ternate biasanya, masyarakat telah melakukan aktivitas seperti biasa ,” papar Karim Buamona, Kepala Tubuh Penanggulangan Musibah Wilayah Propinsi Maluku Utara, Jumat (15/11).

BPBD sampai sekarang terus lakukan pengaturan dengan Tubuh Meteorologi, Klimatologi serta Geofisika (BMKG), BPBD kabupaten/kota, serta lembaga berkaitan untuk mengidentifikasi peluang kerugian lain. “Kami buka posko sesaat di Jl. Hasan Esa, Takoma, Ternate,” tutup Karim

 

#Tolakamsiong

Be the first to comment

Leave a Reply