Sekolah Sudah Buka, Tahun Ajaran Baru Mulai Hari Ini

Tolakamsiong –  Sesuai dengan Kalender Pendidikan yang telah diputuskan oleh Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan RI, Tahun ajaran baru 2020/2021 akan diawali pada 13 Juli 2020. Tahun Pelajaran 2020/2021 jadi tahun pelajaran yang lain dengan tahun pelajaran awalnya.

Epidemi Covid-19 membuat pekerjaan belajar serta mengajar di DKI Jakarta dilaksanakan dengan Evaluasi Jarak Jauh (PJJ), serta semenjak 16 Maret 2020. Masuk tahun ajaran baru 2020/2021 dengan situasi yang masih tetap epidemi, PJJ masih diaplikasikan dalam pekerjaan belajar serta mengajar.

BACA JUGA : Kasus Positif Covid-19 Di DKI Bertambah 344 Orang

“Semasa situasi epidemi, evaluasi dilaksanakan lewat Evaluasi Jarak Jauh serta Blended Learning. Kebijaksanaan tentang evaluasi waktu peralihan sesuaikan SKB 4 Menteri serta ketetapan Team Gugus Pekerjaan Pemercepatan Perlakuan Covid-19,” tutur Kepala Dinas Pendidikan Propinsi DKI Jakarta Nahdiana, Sabtu (11/7/2020).

Untuk memaksimalkan evaluasi pada saat peralihan saat ini, Dinas Pendidikan Propinsi DKI Jakarta mengeluarkan portal Siap Belajar di situs siapbelajar.jakarta.go.id atau juga bisa dibuka lewat web Dinas Pendidikan Propinsi DKI Jakarta pada situs disdik.jakarta.go.id.

Diambil dari situs BeritaJakarta.id, Siap Belajar Jakarta adalah sumber penting referensi info buat warga untuk ketahui pekerjaan belajar serta mengajar. Lewat menu penting ini, beberapa guru, orang-tua, serta peserta didik bisa terhubung beberapa info yang diperlukan untuk jalankan evaluasi waktu peralihan.

Dalam menyongsong diawalinya Tahun ajaran baru, Dinas Pendidikan Propinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Kantor Daerah Kementerian Agama Propinsi DKI Jakarta untuk bikin content Siap Belajar Jakarta. Mengenai beberapa content penting pada Siap Belajar Jakarta untuk berikut;

1. Mekanisme info standard penerapan evaluasi waktu peralihan.

2. Tutorial Waktu Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) serta Waktu Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) buat peserta didik baru.

3. Tutorial tujuan peserta didik lama, guru, serta orang-tua.

4. Tutorial serta materi blended learning buat guru, orang-tua serta peserta didik.

5. Asesmen Persiapan Unit Pendidikan. Pada point Asesmen Persiapan Unit Pendidikan, Sekolah/Madrasah baik Negeri serta Swasta harus isi asesmen yang disebut untuk pastikan persiapan situasi serta lingkungan, meskipun PJJ masih berjalan.

Selanjutnya, Nahdiana sampaikan, ditengah-tengah situasi epidemi ini, program MPLS serta MATSAMA buat peserta didik baru perlu tetap dilaksanakan untuk pastikan peserta didik jadi sisi dari unit pendidikan, mengenali unit pendidikan, pendidik, tenaga kependidikan, ketentuan-peraturan, serta program unit pendidikan.

“Pekerjaan ini ialah usaha menumbuhkan ciri-ciri, semangat belajar, kekuatan literasi, meningkatkan kapabilitas sosial peserta didik, serta menumbuhkan semangat kerjasama di antara faksi unit pendidikan dengan orang-tua/wali peserta didik, dan membuat kebanggaan peserta didik pada almamaternya,” terangnya.

Untuk waktu penerapan MPLS serta MATSAMA Tahun Pelajaran Baru 2020/2021 diselenggarakan semasa 3 hari, yakni pada tanggal 13, 14, serta 15 Juli 2020, dengan waktu penerapan yang sesuai menurut tahap pendidikannya. Info komplet penerapan MPLS serta MATSAMA tentu saja bisa dibuka pada portal Siap Belajar Jakarta.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta berterima kasih atas kerja sama semua pihak yang memberikan dukungan persiapan penerapan evaluasi waktu peralihan. Mudah-mudahan usaha bersama-sama semua penopang kebutuhan akan memberi hasil pendidikan yang paling baik buat anak meskipun ditengah-tengah keadaan epidemi Covid-19.