Ratusan Mobil Mobil Mahal Di Jawa Timur Tak Taat Pajak

Tolakamsiong – Ratusan Mobil Mobil Mahal Di Jawa Timur Tak Taat Pajak. Tubuh Penghasilan Wilayah (Bapenda) Jawa Timur ungkap minimal lebih dari 600 unit kendaraan bermotor seharga beberapa ratus sampai miliaran rupiah yang tidak patuh bayar pajak.

Kepala Bapenda Jawa timur Boedi Prijo Soeprajitno menjelaskan di Jawa Timur sendiri minimal ada 7.628 unit kendaraan eksklusif. Mobil-mobil itu dipandang eksklusif karena mempunyai harga jual di atas Rp 700 juta setiap unitnya.

“Jadi yang digolongkan mobil eksklusif, ini data undang-undangnya ialah di atas Rp700 juta nilai jualnya. Nah, data mobil eksklusif di atas Rp700 juta barusan yang tercatat di Jawa Timur ada 7.628 unit,” tegasnya, Senin (16/12).

Baca Juga : PROYEK SALURAN AIR DKI HANCURKAN RUMAH

Dari 7.628 unit mobil eksklusif itu, Bapenda mengalkulasi seharusnya ada nilai kekuatan pajak seputar Rp 125,4 miliar lebih.

Mobil-mobil itu salah satunya bermerek Toyota Alphard sekitar 2.138 unit, Mercesdes Benz 498 unit, Ford 207 unit, Hummer 65 unit, Land Rover 60 unit, Wrangler 55 unit, BMW seri 7 51 unit, Roll Royce 20 unit, Ferrari 12 unit, Lamborghini 5 unit, McLaren 2 unit, Aston Martin 1 unit.

Dari keseluruhnya kendaraan eksklusif itu, 8 % atau seputar 600 unit kendaraan salah satunya tertera tidak patuh pembayaran pajak. Nilai kekuatan penerimaan pajak juga hilang seputar Rp10 miliar.

“Yang selanjutnya kita lihat di sini, dari data yang kita sisir ada seputar 8 % atau 600 demikian unit kendaraan, dari 8 % barusan nilai pajak yang belum terbayarkan seputar Rp10 miliar demikian,” kata Boedi.

Walau demikian, faksinya masih memberi peluang buat beberapa pemilik kendaraan untuk selekasnya membayarkan pajak mobilnya sampai 2 minggu depan. Bila melalui sampai 30 Desember, pemilik kendaraan akan dipakai denda pajak normal.

“Kita memberi dukungan penuh langkah Pak Kapolda [Jawa Timur] untuk menyisir terus. Tetapi, masihlah ada kesempatan sampai 30 Desember akan datang (bayar pajak),” katanya.

Awalnya, Polda Jawa Timur terus menyisir beberapa kendaraan kelompok eksklusif di Jawa timur yang disangka tidak mempunyai dokumen sah kendaraan bermotor alias bodong. Sampai sekarang minimal ada 14 mobil eksklusif yang ditangkap.

 

#Tolakamsiong

Be the first to comment

Leave a Reply