Puluhan Ribu Jiwa Berdampak Banjir Di Bandung

Tolakamsiong – Puluhan Ribu Jiwa Berdampak Banjir Di Bandung. Sekitar 40.844 jiwa terpengaruh banjir yang menempa lima kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Banjir di lokasi Bandung Selatan itu berlangsung semenjak Kamis (23/1) sampai Minggu (26/1).

“Banjir di Kabupaten Bandung sampai Minggu pagi, puku 07.00 WIB ada sekitar 11.659 kepala keluarga atau 40.844 jiwa terpengaruh banjir,” kata Manager Pusat Pengaturan Operasi Penanggulangan Musibah (Pusdalops PB) BPBD Propinsi Jawa Barat Budi Budiman Wahyu, seperti dikutip Di antara.

Kerugian materil karena banjir di Kabupaten Bandung makin bertambah, yaitu jadi 7.638 rumah terbenang, 13 sekolah terbenang serta 32 tempat beribadah terbenang.

Sekarang, masyarakat terpengaruh pindah ke tempat yang lebih aman, yakni di Kecamatan Dayeuhkolot. Jumlahnya pengungsi di kantor kecamatan ditempat sekitar 113 KK (kepala keluarga) atau 364 jiwa.

Bacajuga : Fatwa Vape Haram, Muhammadiyah Minta Rokok Elektrik Dilarang

Setelah itu, masyarakat di Kecamatan Baleendah pindah ke beberapa tempat, seperti shelter serta Gedung Inkanas Baleendah dengan jumlahnya pengungsi 95 KK atau 331 jiwa.

Hujan yang mengguyur Bandung pada Sabtu (25/1) tempo hari menyebabkan air kembali bertambah pada Sabtu malam seputar jam 23.30 WIB akibatnya karena intensif hujan yang tinggi hampir rata di daerah Kabupaten Bandung, serta Kota Bandung serta supply air lebih menguasai dari sungai Citarum serta Cikapundung.

Mengenai ketinggian air di lima kecamatan terpengaruh beragam, yaitu dari mulai 10 cm sampai 2 mtr., seperti di Kecamatan Baleendah tinggi muka air di antara 20 cm sampai 200 cm atau 2 mtr..

Selain itu, ruas Jalan Andir-Katapang sampai ini hari masih tidak dapat dilewati oleh kendaraan roda dua serta empat, hingga BPBD mengirim pertolongan perlengkapan seperti perahu karet lima unit, perahu fiber tujuh unit, perahu alminium tiga unit serta tenda peleton dua unit.

BPBD Jawa barat sudah mengirim pertolongan logistik untuk kecamatan terpengaruh banjir di Kabupaten Bandung, seperti mie instant 35 dus, air mineral 50 dus, selimut 78 lembar, paket sembako 50 paket serta matras 59 lembar.

Be the first to comment

Leave a Reply