Promo 11.11 Banyak Serangan Penipuan

Promo 11.11 Banyak Serangan Penipuan- Kegiatan penipuan di e-commerce disangka bertambah tajam sepanjang periode promosi potongan harga 11.11. Berdasar catatan Kaspersky, ada lonjakan serangan penipuan finansial dengan tehnik phising. Ini berdasar pengamatan perusahaan keamanan siber itu pada penjualan 11 November tahun kemarin.

Phising penipuan finansial ini dikerjakan dengan mengirim surel (e-mail) atau menebar tautan melalui pesan teks. Kaspersky memprediksi serangan sama akan dikerjakan tahun ini. Hingga dianjurkan beberapa pemburu potongan harga supaya waspada dengan e-mail serta pesan berkaitan promosi 11.11.

Kaspersky mencatat jumlahnya rata-rata serangan phishing finansial alami fluktuasi seputar 350 ribu /hari di bulan Oktober. Selanjutnya, beberapa waktu sebelum 11 November 2018, lonjakan serangan naik mencolok jadi 950 ribu serangan.

“(Tanggal) 11 November (memang) jadi waktu yang paling baik untuk belanja. sekaligus juga jadi momen paling baik buat beberapa phisher serta spammer,” kata Periset Keamanan di Kaspersky Andrey Kostin dalam info sah yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (11/11).

Beberapa periset Kaspersky temukan aplikasi e-commerce palsu bersebaran. Khususnya aplikasi toko e-commerce yang mempunyai penawaran spesial untuk tanggal 11 November. Karena penelusuran untuk aplikasi-aplikasi ini pada umumnya memang lumayan tinggi.

Pada 2019, sekitar 83 % dari toko online palsu ini menyamar jadi marketplace asal Asia. Sesaat pada tahun 2018 banyaknya sampai 93 %.

“Dalam memburu potongan harga besar serta penawaran terbatas, orang condong kehilangan kesiagaan mereka serta susah memperbedakan di antara situs situs phishing dengan yang resmi,” tuturnya.

Untuk pastikan pekerjaan belanja 11.11 bebas dari spam serta phising, Kaspersky memberi pendapat seperti berikut.

– Siaga atas tautan. Bila Anda terima e-mail atau pesan berisi tautan berisi iming-iming penawaran promosi atau potongan harga mengundang selera jangan langsung terpikat. Karena, bisa tautan justru bawa pemakai ke situs palsu.

– Cuma kerjakan jual beli di situs yang resmi. Lihat alamat situs, karena bisa penguna dibawa ke alamat berlainan walau penampilan situs seperti. Bila mereka berlainan dari toko sah, pikirkan untuk mengecek penawaran yang ada serta coba menelusurinya di halaman situs sah

– Jangan sampai memakai kata sandi yang sama untuk beberapa situs situs atau service. Jika memakai account yang sama, semua account akan rawan saat peretas dapat masuk ke salah satunya service.

 

#Tolakamsiong

Be the first to comment

Leave a Reply