Pertamina Mengantisipasi Permintaan BBM Di liburan Natal Dan Tahun Baru

Tolakamsiong – Pertamina Mengantisipasi Permintaan BBM Di liburan Natal Dan Tahun Baru. PT Pertamina (Persero) menghadapi lonjakan keinginan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Jawa Tengah sepanjang saat liburan Natal serta Tahun Baru.

Tidak hanya membuat Team Unit Pekerjaan (Satgas), perseroan menyiagakan suplai BBM di beberapa titik, terutamanya di Jalan Pantura serta Selatan Jawa sebagai jalan penting wisata serta mudik.

Di Jawa Tengah, Pertamina memprediksi berlangsung kenaikan keperluan BBM sebesar 15 % dari rata-rata harian normal, yaitu dari 11.084 Kilo Liter (KL) jadi 12.698 KL.

Baca Juga :  SOAL DUGAAN UANG SUAP, ISTRI BUPATI LAMPUNG UTARA DI PERIKSA KPK

Kenaikan 15 % dari rata-rata harian normal direncanakan berlangsung di daerah Yogyakarta, dari 13.038 KL jadi 14.969 KL.

Kenaikan keperluan harian ini akan berlangsung pada BBM type bensin yaitu Pertamax serta Pertamax Turbo. Pertamax diperkirakan akan naik dari rataan normal sebesar 2.124 KL jadi 2.505 KL serta Pertamax Turbo dari 34 KL jadi 41 KL.

“Pertamina sudah membuat unit pekerjaan (satgas) yang akan diawali pada 18 Desember 2019 sampai 8 Januari 2020 untuk memaksimalkan pendistribusian BBM di Jawa Tengah,” papar General Manajer PT. Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jateng-DIY Iin Febrian pada mass media, Sabtu (14/12).

Selain itu, mengonsumsi BBM type gasoil seperti Bio Solar serta Dexlite diperkirakan turun. Keadaan itu tidak terlepas dari menyusutnya kegiatan industri sebab libur.

“Untuk produk BBM type gasoil direncanakan akan turun 9 % karena banyak industri yang akan libur”, jelas Iin.

Spesial di rute Tol Trans Jawa, perseroan sudah mempersiapkan beberapa langkah untuk penuhi keperluan BBM warga yang lewat.

Tidak hanya di ruang peristirahatan, Pertamina telah mempersiapkan 21 titik service BBM yakni sekitar 6 titik kios Mobile Dispenser, 4 titik kios paket, 4 titik SPBU modular serta 7 titik SPBU regular.

Di Jalan Selatan, perseroan akan sediakan 2 titik kios paket serta 2 Pertashop. Persiapan dikerjakan perusahaan minyak pelat merah ini dengan menyiagakan sepanjang 24 jam supply poin BBM yakni 7 Terminal BBM (fuel terminal) dengan di dukung sekitar 458 armada mobil tangki.

Spesial LPG, stock di daerah Jawa Tengah serta DI Yogyakarta dengan keseluruhan akan ditambah sekitar 7,9 % dari rataan harian normal sebesar 3.867 Metric Ton jadi 4.174 Metric Ton.

Sedang untuk persiapan stock LPG terutamanya di daerah Jawa Tengah, untuk PSO akan ditambah sekitar 6 % dari rataan normal yakni 3.138 MT jadi 3.326 MT serta LPG Non PSO ditambah sekitar 30,8 % dari 244 MT jadi 319 MT.

#Tolakamsiong

1 Comment on Pertamina Mengantisipasi Permintaan BBM Di liburan Natal Dan Tahun Baru

Leave a Reply