Persyaratan Pendaftaran SNMPTN 2020

Tolakamsiong – Persyaratan Pendaftaran SNMPTN 2020. Step awal register Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2020 telah dibuka lewat situs portal.ltmpt.ac.id. Pendaftaran SNMPTN 2020 dibuka 2 Desember 2019 sampai 7 Januari 2020.

Ada tiga jalan yang bisa ditempuh untuk daftarkan diri jadi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yaitu lewat SNMPTN, Seleksi Bersama dengan Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) serta seleksi mandiri.

Untuk peserta yang ingin turut SNMPTN serta SBMPTN harus daftarkan diri terlebih dulu lewat situs Instansi Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPGT).

Ini merujuk pada ketetapan Single Sign On (SSO), dimana peserta SNMPTN, SBMPTN serta Ujian Catat Berbasiskan Computer (UTBK) harus register di situs itu.

Baca Juga : Ledakan di Monas, Diduga bomb 2 Anggota TNI Luka Parah

Kemudian baru peserta dapat daftarkan diri lewat situs situs.snmptn.ac.id tanggal 11 sampai 25 Februari 2020. Hasilnya dipublikasikan pada 4 April 2020.

Proses seleksi ini diperhitungkan lewat nilai rapor siswa SMA/SMK dari semester satu sampai semester lima untuk waktu belajar tiga tahun, serta semester satu sampai tujuh untuk waktu belajar empat tahun.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan serta Pendidikan Tinggi mengatakan tidak ada pergantian relevan dari SNMPTN tahun 2017 sampai saat ini. Faksinya pun tidak membidik jumlahnya peserta yang selamat pada SNMPTN atau SBMPTN di tahun ini.

“Sasaran jumlahnya tidak ada. Sasaran tetap memberikan keyakinan yang penuhi ketentuan prestasi serta mempunyai motivasi kuat belajar di prodi pilihannya masuk,” papar Direktur Jenderal Evaluasi serta Kemahasiswaan Kemendikbuddikti Ismunandar pada CNNIndonesia.com.

Sudah diketahui jumlahnya murid yang selamat SNMPTN di tahun 2019 lebih rendah daripada SNMPTN 2018. Jumlahnya murid yang selamat SNMPTN 2019 ada 93.321 orang, sedang di tahun 2018 ada 110.946 orang.

Diantaranya faktornya sebab ada peserta yang lebih pilih hasil SBMPTN 2019 meskipun selamat SNMPTN 2019. Mengatasi ini Ismunandar menjelaskan murid tidak bisa mendaftarkan SBMPTN bila telah lulus SNMPTN.

Menjadi peserta, nilai siswa harus mencukupi dalam paket yang dipastikan lewat Pangkalan Data Sekolah serta Siswa (PDSS) yang diisi oleh faksi sekolah tanggal 13 Januari sampai 6 Februari 2020.

Perincian paketnya untuk sekolah dengan nilai legalisasi A sekitar 40 %, legalisasi B sekitar 5 % serta legalisasi C sekitar 5 %.

Jumlahnya pilihan PTN serta program studi yang dibolehkan ialah terbanyak dua program studi pada sebuah atau dua PTN. Prioritas pilihan PTN serta program studi dipastikan dari posisi pilihan.

Tentang daya tampung serta daftar program studi dari tiap PTN bisa dibuka lewat snmptn.ac.id sepanjang periode pendaftaran.

Berikut lebih detil info waktu penerapan SNMPTN:

1. Pendaftaran LTMPT: 2 Desember 2019-7 Januari 2020.
2. Pengisian PDDS oleh sekolah: 13 Januari-6 Februari 2020
3. Pendaftaran SNMPTN: 11-25 Februari 2020.
4. Pengumuman SNMPTN: 4 April 2020.

 

#Tolakamsiong

1 Comment on Persyaratan Pendaftaran SNMPTN 2020

  1. Woah! I’m really enjoying the template/theme of this website.
    It’s simple, yet effective. A lot of times it’s difficult to get
    that “perfect balance” between usability and visual appeal.
    I must say that you’ve done a excellent job with this.
    Additionally, the blog loads very fast for me on Opera.
    Exceptional Blog!

Leave a Reply