Pemprov Jabar Sebut Syarat Lengkap, PSBB Kota Bekasi dan Depok

Tolakamsiong – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Berli Hamdani menyebut Kota Bekasi serta Depok sudah memenuhi persyaratan pengajuan Pembatasan Sosial Berskala Besar( PSBB) ke Departemen Kesehatan.

3 daerah penyangga DKI Jakarta yang lain, ialah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, serta Kabupaten Bekasi, masih dalam proses memenuhi persyaratan.

” Jadi buat penerapan PSBB di Bodebek bagaikan wilayah penyangga di bunda kota yang kemarin itu baru menganjurkan 2 wilayah yang secara lengkap melampirkan persyaratannya. Sedangkan ketiga wilayah lain belum mengantarkan persyaratannya[secara lengkap],” kata Berli di Bandung, Kamis( 9/ 4).

Baca Juga : 500 TKI Bakal Dikarantina Corona dari Malaysia di Sumut

Tadinya, dalam rapat koordinasi melalui video konferensi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, 5 daerah penyangga DKI setuju menganjurkan status PSBB ke pusat. Pengajuan itu dikoordinasikan di Pemprov Jabar, buat setelah itu diberikan kepada Kemenkes.

Tidak hanya mengoordinasikan, Berli menyebut Pemprov Jabar diberikan kewenangan buat mengantarkan kajian epidemiologi terpaut butuh tidaknya daerah Bodebek diberlakukan PSBB.

” Jadi jika Bodebek sepanjang ini bagaikan wilayah penyangga pastinya apa yang terjalin di DKI Jakarta hendak dilanjutkan dengan kebijakan yang sama di Bodebek,” ucapnya.

Terpaut dorongan kepada masyarakat yang wilayahnya memberlakukan PSBB, Berli berkata perihal itu telah di informasikan oleh Departemen Kesehatan serta Tubuh Nasional Penanggulangan Musibah( BNPB).

” Satu hari saat sebelum ditandatanganinya Peraturan Kemenkes terpaut PSBB, disepakati kalau apabila di sesuatu wilayah itu terdapat PSBB hingga hendak terdapat sebagian dorongan yang sifatnya spesial, misalnya dorongan kedokteran serta dorongan bahan pokok,” katanya.