Pemandu Di Bali Berubah Profesi Karena Corona

Tolakamsiong – Pemandu Di Bali Berubah Profesi Karena Corona. Seputar 80 % pramuwisata (guide) berbahasa Mandarin yang terhimpun dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bali terpengaruh penurunan jumlahnya kunjungan wisatawan asal China karena penebaran virus corona.

“Hampir 80 % anggota divisi bahasa Mandarin kami di lapangan tidak sedang kerja. Ini jadi prihatin kami bersama dengan,” tutur Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bali, I Nyoman Nuarta, seperti yang diambil dari Di antara Senin (3/2).

Dia menjelaskan, beberapa guide berbahasa Mandarin yang terpengaruh penurunan wisatawan China yang pilih tunda atau menggagalkan perjalanannya ke Pulau Dewata itu sekarang telah mulai berubah ke karier lain.

Dari mulai kerja jadi supir mobil wisata sampai pulang ke kampung halaman untuk kerja di bagian lain.

“Ini jadi prihatin kami semua jadi insan pariwisata. Kami mengharap masalah wabah virus corona ini bisa selekasnya teratasi supaya pariwisata Bali bisa sembuh seperti awalnya,” kata Nyoman Nuarta.

Dia menerangkan, HPI Bali mempunyai anggota seputar 6.000 orang yang terdiri dari 11 divisi bahasa.

Baca Juga : Cek Fakta: 5 Pasien di Semarang Terduga Virus Corona Benarkah Ada ?

“Yang terbanyak ialah yang berbahasa Inggris serta Mandarin. Bahasa Inggris hampir 1.700 orang guide serta bahasa Mandarin sampai 1.300 orang. Bekasnya ada di divisi lain,” tuturnya.

Selain itu, Divisi Market Tiongkok, Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (Asita) Bali, Elsye Deliana menjelaskan, faksinya sudah mencatat minimal seputar 15 ribu pelancong asal China gagal lakukan kunjungan ke Pulau Bali karena penebaran virus Corona.

“Itu data dua hari waktu lalu, kami terus lakukan pencatatan. Tetapi ini pantas kami menyayangkan sebab walau sebenarnya di bulan Februari terdapat beberapa group stimulan pelancong luar negeri asal China yang akan ke Bali. Ada yang mencatat 1.000 orang, 2.000 orang, 5.000 orang itu semua sesaat diurungkan,” tuturnya.

Be the first to comment

Leave a Reply