Panitia Sea Games 2019 Abaikan Makanan Halal

Tolakamsiong – Panitia Sea Games 2019 Abaikan Makanan Halal. Panitia pelaksana SEA Games 2019 di Filipina disebutkan menyengaja meremehkan pendapat untuk sediakan makanan halal dari Komisi Nasional Muslim Filipina (NCMF).

Direktur Jalinan External NCMF, Dimapuno Alonto Datu-Ramos Jr, akui sempat memberi referensi supaya panitia pelaksana sediakan juga makanan halal di tempat SEA Games 2019.

“Saya telah memperingatkan mereka tentng skenario makanan halal waktu pertemuan antarpihak untuk SEA Games pada September. Kami tawarkan service penyediaan makanan halal dari NCMF, tetapi diacuhkan,” kata Datu-Ramos Jr diambil dari CNN Filipina.

Pada kabar berita awalnya, 3 September, Datu-Ramos telah mencuatkan rumor berkaitan sertifikasi halal katering untuk beberapa tamu muslim di SEA Games 2019. Ia sempat juga menanyakan tersedianya beberapa tempat salat dengan panduan arah kiblat yang sesuai dengan.

Pada Minggu (24/11), Chef de Mission Singapura, Juliana Seow, menyurati pelaksana SEA Games 2019 di Manila supaya selekasnya mengakhiri permasalahan fasilitas beberapa olahragawan yang dipandang jelek. Keadaan penyelenggaraan service fasilitas SEA Games yang jelek dinilai mengganggu persiapan beberapa olahragawan.

 

Berita lainnya : PREDIKSI BOLA PARLAY AKURAT , 30 NOVEMBER – 02 DECEMBER 2019

 

“Kami menekan perhatian selekasnya atas masalah ini. Sesaat kami masih coba yang paling baik untuk bersabar serta mengerti, kami tidak dapat kompromi saat punya pengaruh langsung pada beberapa olahragawan kami,” demikian surat yang dicatat Seow, diambil dari The Strait Times.

Seow sempat mengutarakan rombongan tim Singapura yang tinggal di Hotel Century Manila sangat terpaksa cari sendiri makanan sebab tidak ada menu halal atau pilihan yang lain.

Media Malaysia Bernama menyorot kritis makanan halal di SEA Games 2019. Kondisi itu mempersulit beberapa jurnalis muslim di negara itu.

“Kami benar-benar sadar kesusahan memperoleh makanan halal di Filipina serta kami mengharap dimudahkan masalah makanan halal. Ini akan menolong beberapa jurnalis olahraga yang mempunyai waktu terbatas [mencari makanan halal] ditengah-tengah tugas-tugasnya,” demikian catat Bernama.

Rombongan Tim nasional Indonesia dikabarkan kesusahan cari makanan halal hingga sempat tidak menyengaja mengonsumsi menu babi yang diharamkan untuk muslim.

“Sampai saat ini mereka belum mengatasi info secara baik. Jadi kami berharap di hari-hari akan datang mereka dapat melakukan perbaikan ini untuk memisahkan makanan halal serta non-halal,” kata Media Officer Tim nasional Indonesia, Gatot Widakdo.

 

#Tolakamsiong

Be the first to comment

Leave a Reply