Najwa Shihab Unggah Foto Sang Kakek dengan Bung Karno Disaat Hut Kemerdekaan KE-75 INDONESIA

TolakamsiongPeringatan Hari Kemerdekaan RI dibuat Najwa Shihab untuk peristiwa untuk mengingati jasa-jasa beberapa pahlawan serta semangat untuk bangun serta kerja mendapatkan harapan. Pada Senin (17/8/2020), dia bagikan dua upload yang terkait masalah ini.

Di upload pertama, Najwa Shihab terlihat kenakan masker gabungan batik merah serta kain putih, yang dibubuhi siluet Garuda Pancasila.

BACA JUGA : Vaksin Covid-19 Ditargetkan Jokowi Bisa Dibagikan Di Awal Tahun Depan

Wanita 42 tahun ini lalu mencuplik ide salah satunya Bapak Bangsa, Mohammad Hatta.

“Bung Hatta sempat bicara, cuma ada satu negara sebagai negaraku. Negara itu tumbuh sebab satu tindakan, serta itu perbuatanku,” catat Najwa Shihab.

Dalam upload ke-2, dia bagikan photo hitam putih Bung Karno yang sedang berhubungan dengan kakek Najwa Shihab, Abdurrahman Shihab.

Najwa Shihab lalu mengenalkan kakeknya pada warganet. “Lahir pada 1915 di Makassar, Abdurrahman kerjakan segalanya baik yang dapat dibuat: belajar pengetahuan tafsiran sampai jadi profesor, mengajar sampai jadi rektor, mendidik sampai lahirkan Kampus Muslim Indonesia,” tulisnya.

Najwa Shihab menjelaskan kakeknya ialah seorang politik Masyumi dengan ideologi demokrasi, serta bercita-cita Indonesia jadi negara yang dapat menjaga keberagaman.

“Untuk peranakan Arab-Hadramaut, dia malas menggunakan gelar kebangsawanan keluarga. Dengan sadar dipilihnya peci hitam – membuat sebarisan dengan Sukarno yang jadikan peci hitam untuk lambang jati diri golongan nasionalis,” tulisnya.

Najwa Shihab menyebutkan jika si kakek sudah pilih Indonesia untuk bangsanya, walau mempunyai leluhur dari negeri seberang.

“Seperti John Lie (peranakan Tionghoa) atau Ernest Douwest Dekker (peranakan Belanda), dia sisi dari mereka yang pilih Indonesia untuk muara kesetiaan kebangsaannya daripada tanah leluhurnya. Leluhur selama-lamanya dimuliakan, tetapi tanah yang dijejak ini hari sama berharganya,” catat Najwa.