Jokowi Evakuasi Perbaikan Mesjid Istiqlal

Tolakamsiong – Jokowi Evakuasi Perbaikan Mesjid Istiqlal. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengevaluasi perubahan perbaikan Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (7/2). Jokowi menjelaskan perbaikan itu diinginkan selesai sebelum ramadan pada April akan datang.

“Perbaikan keseluruhan masjid Istiqlal telah diawali tahun kemarin. Kita harap kelak sebelum ramadan bisa usai hingga dapat digunakan,” tutur Jokowi selesai mengevaluasi.

Menurut Jokowi, perbaikan ini adalah yang pertama sekaligus juga paling besar semenjak kehadiran masjid Istiqlal 41 tahun kemarin. Penyelesaiannya sendiri sudah diawali semenjak tahun kemarin dengan melakukan perbaikan lantai, tempat wudu, sampai sound sistem. Budget yang digunakan untuk perbaikan, katanya, sampai Rp475 miliar.

“Ini ialah perbaikan besar semenjak 41 tahun kemarin sebab budget yang dibutuhkan cukup gede. Rp475 miliar untuk mengoles lantai, mengubah karpet, lighting, sound sistem, semua,” tuturnya.

Tidak hanya melakukan renovasi interior masjid, perbaikan dikerjakan dengan menambahkan lantai dasar parkir dibagian depan. Hingga tidak ada parkir kendaraan di halaman masjid.

“Jadi pembangunan landscape di luar, tidak cuma interior, exterior semua dibuat. Sungai yang berada di lingkungan Istiqlal semua diperbaiki hingga tamannya jadi semakin bagus ,” sebut Jokowi.

Baca Juga : Pemprov DKI : Harga Satu Pohon Pule di Monas Rp8,5 Juta

Walau demikian, Jokowi menjelaskan, tidak semua sisi dari masjid bisa diperbaiki. Karena, ada beberapa bangunan heritage atau yang sifatnya warisan hingga tidak bisa ditukar.

“Memang beberapa hal yang tidak dapat ditangani sebab heritage, warisan pusaka hingga penyelesaiannya harus berhati-hati jangan mengakibatkan kerusakan,” katanya.

Penerapan perbaikan Masjid Istiqlal sudah diawali semenjak 6 Mei 2019. Perbaikan mencakup sisi dalam masjid, seperti kamar mandi serta sarana wudhu.

Disamping itu, perbaikan dikerjakan untuk pemasangan 104 Closed Sirkuit Television (CCTV), pergantian karpet, terhitung mihrab yang berada di lantai penting masjid. Perbaikan mihrab akan mencakup tata suara, sinar, serta udara.

Be the first to comment

Leave a Reply