Ini Keunikan Kain Khas Sulawesi Tersebut, Kain Tenun Sengkang Jadi Tren

Tolakamsiong – Di Indonesia, kain tenun sudah jadi salah satu wujud tradisi yang diburu banyak orang. Tidak cuma indah, kain tenun pula umumnya mempunyai harga mahal sebab proses pembuatannya yang rumit.

Salah satu tipe kain tenun yang tengah jadi trending di jagat maya baru- baru ini merupakan kain tenun sengkang.

Nama kain tenun sengkang ini timbul dalam program TVRI Belajar dari Rumah. Di situ, kanak- kanak SD kelas 4- 6 diajak memahami kaun tenun unik yang berbahan sutra tersebut.

Dirangkum Suara. com dari siaran Belajar dari Rumah, kain tenun sengkang berasal dari Kota Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Kain ini ialah kain tenun yang terbuat dengan benang sutra, serta ialah tradisi turun- temurun semenjak ratusan tahun silam untuk warga Wajo.

Bagi budayawan Sudirman Sabang dalam siaran Belajar dari Rumah, sebutan sutra serta sengkang bisa ditemui dalam salah satu naskah kuno.

Dari situ pula, dikenal bila kain tenun sutra ini digunakan dalam pernikahan era dahulu dan mempunyai arti simbolik.

Baca Juga : Kain Tenun Asli Indonesia

Pemakaian kain tenun sengkang buat mendatangi hajatan ataupun dalam perkawinan pula masih terdapat sampai saat ini. Tidak hanya itu, kain ini pula banyak digunakan dikala Hari Raya Lebaran.

Tetapi, saat ini kain tenun sengkang pula telah dijual kepada warga universal ataupun turis.

Ini berbeda dengan dahulu, di mana kain tenun sengkang terbuat secara terbatas buat keperluan individu serta bukan ialah benda dagangan.

Kain tenun sengkang pula berfungsi dalam tradisi warga Bugis sebab dipakai buat mendidik anak wanita era dahulu.

Apalagi, terdapat asumsi bila orang Bugis yang tidak pintar menenun hingga dapat dikira belum sempurna.

Melanjutkan tradisi masa kemudian, kain tenun sengkang juga masih terbuat dengan perlengkapan tenun tradisional sampai saat ini. Tetapi, terdapat pula sebagian yang mulai memakai mesin.

Kain tenun sengkang sendiri memiliki kekhasan dalam rupanya yang cerah serta mencolok. Sedangkan, masing- masing corak juga mempunyai arti berbeda serta cuma boleh dipakai golongan tertentu.

Corak ini pula dipakai buat membedakan apakah pemakai kain tenun sengkang ialah wanita serta pria lajang ataupun telah menikah.

Sedangkan, kekhasan lain dari kain tenun sengkang bisa dilihat pada tumpal, yang umumnya berupa garis- garis vertikal dan motif kembang serta wajib mempunyai hitungan ganjil.