Info Pendaftaran Haji Secara Online Kementrian Agama

Tolakamsiong – Kementerian Agama tengah mempersiapkan service mobile serta online untuk pendaftaran haji. Ini untuk pengembangan untuk memberi keringanan service pada calon jemaah haji.

“Kita sediakan dua pengembangan, untuk mempermudah calon jemaah haji Indonesia yang ingin mendaftarkan haji, yaitu lewat service mobile serta service online,” kata Direktur Service Haji dalam Negeri Kemenag, Muhajirin Yanis, Rabu (1/7/2020).

BACA JUGA : Barcelona Yakin Real Madrid Akan Terpeleset Dalam Perebutan Liga

“Keperluan akan pengembangan ini makin di rasa pada saat epidemi. Karena proses pendaftaran harus dilaksanakan dengan cara manual, karena itu servicenya dibatasi cuma lima jemaah /hari,” katanya.

Muhajirin menjelaskan, sebetulnya Kemenag telah membuat pendaftaran dengan cara mobile serta online, tetapi masih terhalang peraturan. Ditambah lagi waktu epidemi seperti sekarang ini, pendaftaran jemaah di kantor Kemenag dibatasi cuma 5 jamaah /harinya, untuk efek tidak ada pendaftaran dengan cara mobile serta online.

“Perancangan Ketentuan Menteri Agama atau RPMA berkaitan ini telah diulas semenjak tahun kemarin. Peraturan ini diantaranya menerangkan arti pendaftaran haji di kantor Kemenag yang ada pada UU No 13 Tahun 2008,” jelas Muhajirin.

“Peraturan ini mengendalikan jika kantor tidak hanya disimpulkan dengan cara fisik yang mewajibkan orang tiba, tetapi dapat juga dimaknai semakin luas, termasuk juga untuk service virtual,” tambahnya.

Muhajirin memberikan tambahan, bila peraturan itu telah keluar, karena itu pendaftaran haji dapat dilaksanakan semakin fleksibel. Calon jemaah haji dapat manfaatkan service mobile yang akan diletakkan di beberapa titik, tidak harus ke Kantor Kementerian Agama kabupaten atau kota ditempat. Disamping itu, pendaftaran dapat juga dilaksanakan dengan cara online.

“Jadi pendaftaran dapat darimanakah saja. Contoh calon jemaah sedang ada di luar kota atau serta luar negeri, tetapi KTP-nya Gorontalo, karena itu ia dapat mendaftarkan haji dari negara atau kota itu untuk paket Gorontalo lewat service online yang disediakan,” tuturnya

“Pola itu telah usai, tinggal mempersiapkan server serta pengamanannya. Kita tak perlu lagi kesusahan harus ada lembar pendaftaran, sudah semua berbasiskan digital,” pungkasnya.