Indonesia Kini Jadi Negara Menengah ke Atas

Tolakamsiong –  Joko Widodo atau Jokowi menjelaskan, Bank Dunia sudah meningkatkan posisi Indonesia jadi upper middle penghasilan country atau negara berpendapatan menengah ke atas. Menurutnya, peningkatan posisi itu perlu disyukuri.

Ini dikatakan Jokowi waktu memberi sambutan dengan cara virtual dalam Sidang Terbuka Peringatan 100 Tahun Institut Tehnologi Bandung (ITB), Jumat (3/7/2020).

BACA JUGA : Ussy Sulistiawaty Dibilang Netizen Tambah Cantik

“Peningkatan posisi ini harus kita sukuri,” sambung ia.

Ia menjelaskan, Gross National Penghasilan per kapita Indonesia naik jadi USD 4.050 dari tempat awalnya yaitu, USD 3.840. Jokowi minta supaya peningkatan posisi itu dibuat satu kesempatan supaya Indonesia semakin maju.

“Kita perlakukan untuk satu kesempatan supaya negara kita Indonesia tetap maju lakukan lompatan perkembangan supaya kita sukses jadi negara berpendapatan tinggi serta sukses keluar dari middle penghasilan trap,” papar Jokowi.

Karena itu, ia ajak keluarga besar ITB untuk berperan dalam pembangunan bangsa serta membuat sdm (SDM) yang unggul yang bisa memajukan Indonesia. Ditambah, ITB adalah institut pendidikan tehnik paling tua di tanah air.

Jokowi menyebutkan banyak tokoh bangsa yang menimba pengetahuan serta kepemimpinan di ITB seperti, Presiden Soekarno yang disebut proklamator. Selanjutnya, Presiden ke-3 RI BJ Habibie yang diketahui untuk Bapak Tehnologi Indonesia.

“Andil ITB dinanti oleh semua anak negeri. Perlihatkan prestasi akademisi serta periset kita. Perlihatkan sumber daya IPTEK serta pengembangan karya bangsa kita pada dunia. Tunjukkan andil ITB untuk kesejahteraan rakyat serta perkembangan Indonesia terkasih,” papar Jokowi.