Gunung Sinabung menyemburkan debu vulkanik setinggi 2.100 mtr

Tolakamsiong – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Propinsi Sumatera Utara kembali lagi menyemburkan debu vulkanik setinggi 2.100 mtr. di atas pucuk atau seputar 4.560 mtr. di atas permukaan laut.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensif sedang cenderung mengarah tenggara serta selatan,” kata Pelaksana Pekerjaan (Plt) Kepala BPBD Karo Natanail Perangin-angin, diambil dari Di antara, Jumat (14/8/2020).

BACA JUGA : Vaksin Covid-19 Ditargetkan Jokowi Bisa Dibagikan Di Awal Tahun Depan

 

“Sekarang ini Gunung Sinabung ada pada posisi Level III (Waspada) dengan referensi masyarakat atau petani supaya tidak beraktivitas di desa-desa yang telah direlokasi, dan tempat di radius 3 km dari Pucuk Gunung Sinabung.Selanjutnya radius bagianal 5 km untuk bagian selatan-timur, serta 4 km untuk bagian timur-utara,” tuturnya.

Awalnya, Gunung Sinabung pada Kamis (13/8) seputar jam 06.07 WIB kembali lagi erupsi serta menyemburkan debu vulkanik.

Erupsi Sinabung capai ketinggian kolom abu kira-kira 1.000 mtr. di atas pucuk atau kira-kira 3.460 mtr. di atas permukaan laut. Kolom mabu teramati berwarna kelabu dengan intensif sedang cenderung mengarah timur, tenggara, serta selatan.

Erupsi itu terekam seismogram dengan amplitudo maximum 15 mm serta waktu kurang lebih 11 menit 59 detik.

Daerah yang terpengaruh abu vulkanik Gunung Sinabung yaitu Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Berastagi, Kecamatan Dolat Rayat, serta Kecamatan Merdeka, demikian Natanail Perangin-angin.