Gempa Di Tapanuli Selatan

Tolakamsiong – Gempa Di Tapanuli Selatan.  Gempa bumi tektonik mengguncangkan daerah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Propinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu (27/11/2019) jam 10.49 WIB. Hasil analisa BMKG tunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan Magnitudo 4,2.

“Episenter gempa bumi terdapat pada koordinat 1.55 LU serta 99.28 BT, atau persisnya berada di darat pada jarak 5 km arah Tenggara Tapanuli Selatan pada kedalaman 10 km,” kata Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi serta Geofisika Daerah I Medan, Edison Kurniawan.

Ia menerangkan bila memerhatikan tempat episenter serta kedalaman hiposenter, karena itu gempa bumi ini terhitung dalam klasifikasi gempa bumi dangkal karena kegiatan sesar Toru.

 

Baca Juga : HYUNDAI INVESTASIKAN DANA SEBESAR RP.21 T

“Guncangan gempa bumi ini dirasa oleh warga di Sipirok dengan kemampuan III MMI, getaran dirasa riil di rumah. Berasa getaran seolah-olah ada truk berlalu,” terangnya.

Sampai sekarang belumlah ada laporan efek kehancuran yang diakibatkan karena gempa bumi itu. Hasil pemodelan tunjukkan jika gempa bumi tidak punya potensi tsunami.

“Sampai jam 11.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum tunjukkan terdapatnya kegiatan gempabumi susulan (aftershock),” katanya.

Ia minta warga supaya masih tenang serta tidak dipengaruhi oleh rumor yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Yakinkan info sah cuma bersumber dari BMKG yang disebarkan lewat kanal komunikasi sah yang sudah terverifikasi,” jelasnya.

 

#Tolakamsiong

Be the first to comment

Leave a Reply