Caesium 137 Ditemukan Di Tanah kosong Serpong Tangerang

Tolakamsiong – Caesium 137 Ditemukan Di Tanah kosong Serpong Tangerang. Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) terus menginterogasi penemuan paparan radiasi zat radioaktif di atas batas normal di ruang tanah kosong yang ada di Blok J Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan. Penyelidikan dikerjakan buat tahu asal mula Caesium-137 yang diketemukan di tempat itu.

Kepala Sisi Komunikasi Publik serta Protokol Bapeten, Abdul Qohhar, menjelaskan langkah pertama penyelidikan ialah kumpulkan data perizinan pemakai zat radioaktif Caesium-137 dari semua Indonesia.

“Diawali contohnya dengan kumpulkan data perizinan dahulu. Jadi, kita ingin tahu pemakai Caesium-137 di semua Indonesia itu seberapa banyak serta siapapun,” kata Qohhar di Serpong, Minggu (16/2).

Baca Juga : Gempa Maluku Utara, Getaran Terasa di Lima Daerah

Qohhar menerangkan penyelidikan ini akan menyertakan beberapa faksi memiliki kepentingan seperti Tubuh Tenaga Nuklir Nasional (Batan) serta Polri. Katanya, proses pengumpulan izin pemakai Caesium-137 akan diperlengkapi dengan penambahan data lapangan serta hasil proses forensik nuklir Batan.

“Dan kemungkinan proses lidik-sidik yang dikerjakan oleh rekan-rekan Polri. Itu kelak semoga hasil investigasinya dapat didapat,” kata Qohhar.

Qohhar memberikan tambahan Caesium-137 bukan zat radioaktif yang ada di alam. Saat disinggung adakah faktor kesengajaan berkaitan penemuan zat itu di seputar permukiman masyarakat, dia mengatakan hal itu bisa diambil kesimpulan saat penyelidikan usai.

“Saya bicara [Caesium]-137. Mustahil di satu wilayah ada Caesium-137 terkecuali disana ada pendayagunaan,” pungkas ia.

“Pertanyaan ini dapat sampai kesini, ini pertanyaan berikut. Itu menanti proses identifikasi, apa faktor kesengajaan atau faktor ketidaksengajaan atau mungkin tidak,” imbuhnya.

Walau demikian, Qohhar pastikan penemuan paparan radiasi zat radioaktif ini bukan lantaran kebocoran reaktor nuklir. Karena, klaim ia, sarana nuklir yang berada di Serpong dalam keadaan normal serta penemuan di Perumahan Batan Indah cuma Caesium-137.

“Tetapi, yang berada di sini yaitu single entitas; cuma Caesium-137. Berarti ini cuma sebetulnya berkaitan pendayagunaan Caesium-137 untuk kepentingan lainnya. Itu umumnya di bagian industri,” katanya.

“Misalnya untuk industri kertas,” katanya .

Be the first to comment

Leave a Reply