Banjir 6 Meter Di Underpass Kemayoran

Tolakamsiong – Banjir 6 Meter Di Underpass Kemayoran. Jalan lintas bawah atau Underpass Gandhi di Kemayoran, Jakarta Pusat, kembali banjir pada Sabtu (8/2). Awalnya lokasi itu dirundung banjir waktu hujan lebat menempa Jakarta waktu lalu.

Pengamatan CNNIndonesia langsung di tempat, ketinggian air di underpass sampai 5-6 mtr., Kendaraan bermotor tidak dapat melalui jalan itu. Kelihatan beberapa puluh petugas pemadam kebakaran sampai Dinas Sumber Daya Air Propinsi DKI Jakarta ada di tempat.

Kepala Bidang 6 Dinas Pemadam Kebakaran serta Pengamanan Orang Kecamatan Kemayoran, Mulandono, menjelaskan, air mulai menggenang underpass semenjak 04.30 WIB. Waktu itu disebutkan ketinggian air masih sekitar 1-1,5 mtr.

Baca Juga : Banjir di Kelapa Gading Mulai Masuki Rumah Warga

“Waktu itu telah tidak dapat melalui kendaraan. Air semakin tinggi waktu jam 7, itu air telah tutup [underpass], saat ini ketinggian seputar 5-6 mtr.,” katanya pada CNNIndonesia, Sabtu (8/2).

Sekarang, kata Mulandono, petugas kombinasi sedang berupaya memompa kubangan air. Ada seputar lima pompa yang dipakai untuk proses mengisap kubangan air.

“Ini waktu penyedotan tidak dapat ditarget berapakah hari. Bergantung cuaca, jika tidak hujan , dapat 2-3 hari ke depan, jika hujan, kemungkinan dapat lebih lama,” katanya.

Banjir di Underpass Kemayoran pernah jadi masalah di antara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta pemerintah pusat pada waktu lalu.

Saat itu, Anies memperjelas banjir di Underpass Kemayoran adalah wewenang pemerintah pusat, bukan pemerintah propinsi. Tetapi, dia janji untuk menolong usaha perlakuan banjir itu.

“Jadi ini lokasi itu ada di wewenang sekretariat negara. Tapi, Pemprov DKI turut menolong untuk pastikan jika itu dapat selesai selekasnya,” jelas Anies waktu itu.

Be the first to comment

Leave a Reply